nusakini.com--Pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak akan segera berlangsung pada Februari 2017 mendatang. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyatakan, selaku pemerintah akan siap mensukseskan berlangsungnya pesta demokrasi di 101 daerah ini. 

“Saya kira pemerintah pada posisi siap dalam pilkada ini, dan akan membantu KPU serta Bawaslu,” kata Tjahjo sebelum melangsungkan Rapat Kerja (Raker) Komisi II DPR RI, Selasa (6/12). 

Kepolisian juga sudah melakukan deteksi dini dengan memetakan daerah mana saja yang dinilai berpotensi konflik. Begitu juga Bawaslu, jajaran Kesbangpol Kemendagri dan BIN. Ia menilai, pelaksanaan pilkada serentak pada tahun depan akan berlangsung lancar. 

“Karena para kepala daerah, serta calon kepala daerah ini, punya komitmen dan tanggung jawab sukseskan pilkada,” ujar Mendagri Tjahjo. 

Dia juga menyatakan, pihaknya bertanggung jawab serta menjamin atas keberlangsungan pilkada di 101 daerah akan berlangsung dengan aman serta tertib. Sebab, dari pengalaman pada pilkada di 269 daerah di 2015 kemarin, sebagian besar berjalan tanpa ada gangguan. 

“Memang soal anggaran memang belum penuh, tapi kami sudah sampaikan kepada Menkeu, dan imbau kepada 101 daerah. Tapi minimal anggaran KPU dan Bawaslu sudah tinggal anggaran keamanan saja,” ujar Tjahjo.(p/ab)